Pengmas Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di Puskesmas Sukodono

Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) dari Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo di Puskesmas Sukodono, Desa Jumputrejo, Sidoarjo pada tanggal 08 September 2024 dengan mengambil tema “Pemantapan Pemahaman Kader Guna Mendukung Transformasi Digital Kesehatan”. Kegiatan ini difasilitasi oleh Kepala Desa Jumputrejo, Drs. Widarto, yang menekankan pentingnya kerja sama antara masyarakat dan akademisi bidang kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Ada 3 materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi:

  1. Kekerasan Seksual pada Wanita dan Anak oleh dr. Dinar dari Puskesmas Sukodono.
  2. Rekam Medis, Resume Medis, PHR, dan Kerahasiaan Data Rekam Medis dan Kerahasiaan Data oleh Rahmat Djamaludin, SH., MH., yang menjelaskan tentang pentingnya rekam medis elektronik dan kerahasiaan data pasien.
  3. Kesehatan Ibu dan Anak oleh Titin Wahyuni, S.KG., M.Kes., membahas preeklampsia sebagai upaya menurunkan kematian ibu melalui pendekatan keluarga.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 peserta dan diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan kader kesehatan dalam mendukung transformasi digital kesehatan serta membangun kerja sama lebih lanjut di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

× Ada pertanyaan?